Minggu, 04 Desember 2022

Etika Bisnis

    Halo jumpa lagi bersama saya Rama dari UniversitasJember. Di pertemuan kali ini saya akan membahas Etika Bisnis dari matkul Etika Profesi.

    Bisnis biasa disebut organisasi yang produktif adalah sebuah “entitas” (perseorangan/kelompok) yang bertujuan menciptakan barang dan jasa untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan.

    Etika Bisnis yaitu suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis;berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa;berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada.

    Memahami etika bisnis memberi pelajaran bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yang mendapat keuntungan semata, melainkan bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat.

Adapun Prinsip-Prinsip Etika Bisnis diantaranya:

  1. Jujur
  2. Hindari permasalahan
  3. Sesuai atau kerelaan
  4. Informasi yang tepat
  5. Taat hukum
  6. Komitmen yang dapat dipenuhi

Dan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis lainnya yang menuntut pelaku bisnis,customer,dan competitor dalam berbisnis agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Masalah Etika Dalam Bisnis

Masalah etika dalam bisnis adalah sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis atau tidak etis. 

Dalam bisnis, pilihan seperti itu sering mempertimbangkan “keuntungan materi” Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis dari sebuah keputusan/tindakan adalah dengan melihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.


E-Commerce

E-Commerce adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence) pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online

Melalui e-Commerce, produk dapat diiklankan, dijual dan dibayarkan secara elektronik.

Kelebihan terbesar dari e-Commerce adalah kemampuan untuk menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan verifikasi dan validasi transaksi kartu kredit.

Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul dibandingkan conventional store.

Keuntungan Dari E-Commerce

  • Akses terhadap pasar global
  • Penjualan langsung tanpa melalui perantara/pihak ketiga
  • Usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar
  • Melakukan jual beli kapan saja
  • Mampu membentuk loyalitas konsumen
  • Mengurangi biaya pemasaran produk secara konvensional
  • Perusahaan mendapat informasi detail tentang konsumen
  • Keamanan transaksi, verifikasi otomatis, keamanan situs
Etika Dalam E-Commerce

Peraturan Menteri Perdagangan RI tentang e-Commerce yang kemudian dimuat dalam UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

  • Semua situs perdagangan online harus terdaftar, tak bisa melakukan aktivitas jual-beli online secara bebas. Pelaku bisnis online juga harus mendeklarasikan etika bisnis yang dimiliki.
  • Pelaku bisnis online juga harus menyusun data dan bukti transaksi dengan benar. Data transaksi ini nantinya bisa digunakan sebagai alat bukti dan memiliki kekuatan hukum
  • Lantaran perdagangan online bersifat global, Kementerian membolehkan pihak yang mengalami sengketa perdagangan untuk memilih kaidah hukum perdagangan internasional
  • Meski transaksi bersifat digital, kontrak harus tetap memasukkan identitas, spesifikasi barang, legalitas barang, nilai transaksi, dll. Situs e-commerce wajib membuat kontrak online dalam Bahasa Indonesia.
  • Situs perdagangan online juga harus memiliki trustmark. Dengan adanya trustmark internasional, konsumen akan merasa lebih aman saat berbelanja di situs tersebut.
  • Kementerian akan menerbitkan daftar hitam (blacklist) bagi situs perdagangan online yang melanggar aturan berdasarkan laporan yang masuk ke Kementerian Perdagangan.
Masalah Dalam E-Commerce
  • Web Spoofing,membuat situs palsu
  • Cyber-squatting,merusak citra organisasi pemilik trademark
  • Privacy Invasion,penyalahgunaan informasi pribadi
  • Online Piracy,pembajakan online
  • Email spamming,melakukan spam email dan dijadikan sebagai pasar untuk mengiklankan tanpa persetujuan pemilik email
Kesimpulan:
Dari materi kali ini saya mengetahui kalau halnya bisnis juga memiliki etika sebagaimana seharusnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. hal ini merubah image saya terhadap bisnis yang awalnya "segala kegiatan jual beli yang menguntungkan" menjadi sesuatu yang kompleks untuk dijelaskan bisa menjadi "kegiatan yang menguntungkan" "kegiatan yang memanfaatkan pasar" dan lain lain. yang diamana bisnis tersebut tidak lepas dengan tuntutannya yang taat aturan, jujur, berkomitmen dan lain-lain. Ada juga dari sekian banyak penjelasan tertera Bisnis memilik kesamaan kata kunci yaitu keuntungan dan pasar.

Sekian Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IT Forensik

  Halo jumpa lagi bersama saya Rama dari  Universitas Jember . Di pertemuan kali ini saya akan membahas tentang IT Forensik dari Etika Profe...